Senin, 21 Mei 2012

Mencegah Pingsan Selama Hamil

Pingsan tiba tiba saat hamil bisa saja terjadi. Penyebabnya antara lain, karena si calon ibu mengalami anemia berat atau terlalu rendah kadar hemoglobin atau sel darah merah.

Hal ini terjadi karena selama hamil jumlah pasokan darah diperuntukkan bagi janin. Sehingga volume darah jadi berkurang. Akibatnya, pasokan oksigen ke otak juga berkurang dan calon ibu tiba-tiba pingsan.

Penyebab lain, pada awal kehamilan sampai pertengahan trimester kedua, pembuluh darah ibu hamil cenderung melebar. Seringkali volume darah yang tersedia tidak cukup untuk mengisi ruang kosong pembuluh darah yang melebar tersebut. Inilah yang menyebabkan ibu hamil mudah pusing dan pingsan.

Anemia juga dapat mengakibatkan masalah lain seperti keguguran, perdarahan dan infeksi sebelum dan setelah persalinan, serta kesulitan menjelang persalinan akibat kontraksi yang tidak berlangsung dengan baik.

Mencegah Pingsan

Berikut adalah tips untuk mencegah atau mengatasi akibat dari anemia seperti yang telah dibahas di atas.

1. Tambah jumlah pasokan darah melalui makanan yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12 dengan banyak mengkonsumi hati, ikan teri, daging merah, kacang kacangan, sayuran berwarna hijau, kuning telur dan buah-buahan.

2. Mengkonsumi vitamin C, daging ayam dan ikan untuk memudahkan penyerapan zat besi.

3. Lakukan olah raga ringan seperti yoga, jalan kaki atau senam.

4. Jangan bangkit tiba tiba dari posisi tidur atau duduk, tetapi lakukan secara perlahan.

5. Jangan berdiri terlalu lama.

6. Jangan terlalu sering berada di keramaian atau suasana bising dan hiruk

7. Jika anda adalah seorang yang sibuk, ambil waktu istirahat dengan menyelonjorkan kaki.

8. Konsumi cairan yang cukup.

Disarikan dari : Majalah Ayah Bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar