Selasa, 22 Mei 2012

Efek Terlalu Banyak Makan Pedas

(c)
Rasanya menu makanan itu tidak akan lengkap jika tidak ada sambal. Seperti... ada yang kurang begitu. Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?

Benar, sambal dan menu makanan pedas rasanya sulit untuk dihindari. Karena hanya dengan menu-menu itulah selera makan itu muncul. Tetapi, bagaimana pendapat para ahli tentang makanan pedas ini?

Dr. SK Thakur, seorang gastroenterologist dari Moolchand Medcity, India, mengatakan "Bumbu pedas memang dapat menimbulkan selera makan tertentu. Namun, perlu disadari, saat makanan pedas tersebut mencapai pencernaan, maka bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan. Mengapa? ini disebabkan oleh peningkatan asam lambung , apalagi bila menu makanannya terlalu pedas," seperti dilansir oleh IndiaTimes.

Bahkan, menurut Dr. Thakur, ada beberapa penyakit lain yang akan muncul, bila kita terus menerus mengonsumsi makanan pedas, seperti:

1. Meningkatnya asam lambung

Sebenarnya makanan pedas pada dasarnya adalah kombinasi dari asam, sehingga saat dikonsumsi dan diproses dalam pencernaan, jumlah asam akan bertambah (asam bertemu dengan asam). Inilah mengapa asam lambung dapat meningkat saat Anda mengonsumsi makanan pedas

2. Gangguan lambung akut

Bila asam lambung terus-terusan meningkat, gangguan lambung bisa menjadi semakin parah akibat peradangan yang terjadi. Pada umumnya, pada gangguan lambung akut akan muncul beberapa gejala seperti mual, muntah, demam, diare, sakit kepala, dan apabila terlalu parah si penderita akan mengalami muntah darah.

3. Radang Lambung

Dan radang juga akan terjadi apabila makanan pedas terlalu sering dikonsumsi. Pada fase ini, dinding lambung sudah sangat terluka. Di beberapa kasus lambung mengeluarkan nanah dan terasa sakit yang luar biasa. Gejala radang ini berupa rasa terbakar di lambung, mual, muntah dan penurunan berat badan yang drastis.

4. Insomnia

Dan jangan heran apabila Anda sulit tidur di malam hari setelah makan pedas. Makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh, sehingga Anda merasa tidak nyaman dan kepanasan saat akan tidur. Akibatnya tubuh enggan diajak tidur dan merasa resah.

5. Kehilangan selera makan

Saat semua menu makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas, maka selera makan muncul tidak teratur. Akibatnya tubuh jadi tergantung pada makanan yang pedas-pedas saja.

Apakah makanan pedas sama sekali tidak boleh dikonsumsi?

Tidak juga. Dokter memberikan saran agar mengonsumsi makanan pedas itu 3 - 4 kali dalam satu minggu. Dianjurkan pula agar kita mengonsumsi makanan pedas di menu utama pada siang hari, di saat tubuh masih membutuhkan energi untuk bergerak dan jedanya jauh dari jam tidur kita. Selain itu, setelah makan makanan pedas, dianjurkan untuk minum susu atau air kelapa muda untuk menetralisir kadar asam di dalam lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar